2.070 MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA UNIVERSITAS TERBUKA MEDAN MENGIKUTI EDUKASI KETERAMPILAN BELAJAR MAHASISWA

Pada masa registrasi 2018/2019.2 yang dibuka mulai bulan Desember 2018 hingga bulan Februari 2019 yang lalu, Jumlah mahasiswa baru program Diploma dan Sarjana Universitas Terbuka  (UT) Medan  mencapai 2.070. Untuk membekali mahasiswa baru ini dengan pemahamam sistem belajar jarak jauh dan strategi belajar di UT agar mereka tangguh dalam belajar mandiri dan sukses belajar di UT, UT Medan menyelenggarakan Kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM) secara bertahap. 

1 1

                                    OSMB Di Gedung Madinah Al Munawarah, Asrama Haji Kota Medan

 

 Kegiatan EKBM diselenggarakan pada tanggal 16-17 Maret 2019 dan 23-24 Maret 2019 di 8 lokasi untuk kelompok belajar (pokjar) mahasiswa yang dekat ke lokasi tersebut, yakni di Kota Medan (pokjar Medan, Deli Serdang, Binjai, Langkat, Karo, Dairi), Kota Pinang (pokjar Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan), Gunungsitoli (Pokjar sepulau Nias), Balige (Pokjar Tobasa, Tapanuli Utara, Humbahas, Samosir), Tebing Tinggi (Pokjar Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi), Pematang Siantar (Pokjar Pematang Siantar dan Simalungun), Kisaran (Pokjar Batubara, Asahan, Tanjung Balai, dan Labuhan Batu Utara), Kota Padang Sidimpuan (Pokjar Kota Padang Sidimpuan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Tengah dan Sibolga), demikian paparan Direktur UT Medan, Dra Sondang Purnamasari Pakpahan, MA.

1 2                             OSMB di Grand Suma Convention Hall, Kota Pinang, Labuhan Batu Selatan

Menurut Sondang Purnamasari Pakpahan, Kegiatan EKBM dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Hari pertama, adalah Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB)

 OSMB di UT tidak berbentuk perpeloncoan melainkan lebih kearah akademis dengan mengajak mahasiswa untuk lebih mengenal Universitas Terbuka (UT) mulai dari sejarah pendirian UT hingga UT di Era Digital melalui pemutaran video 34 tahun perkembangan UT, struktur Organisasi dan profil pimpinan di UT Pusat dan di UT Medan, Program Studi dan layanan program yang ditawarkan, sistem penjaminan kualitas, sistem registrasi, sistem pembelajaran dan evaluasi hasil belajar, serta profil mahasiswa dan lulusan. OSMB juga sebagai ajang pemberian pemahaman tentang wacana kebangsaan dan pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai - nilai kemanusiaan,   kekuatan pemuda dalam pemberantasan Narkoba dan Korupsi, serta penanaman norma - norma yang berlaku di UT.


2 1                                                                                   OSMB di Aula SMAN 1 Gunungsitoli

 Selanjutnya, Sondang Purnamasari Pakpahan, menjelaskan bahwa pada hari ke dua, mahasiswa baru diberikan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ).  Pelatihan dilaksanakan di SMA atau MA dalam kelas per kelas dengan jumlah mahasiswa sekitar 40 orang agar pelatihan efektif dan juga di Laboratorium Komputer Sekolah untuk pelatihan layanan UT on-line. Pada Pelatihan ini,  mahasiswa dilatih mengelola waktu belajar, membaca bahan ajar secara  efektif, merekam hasil baca,  mengakses layanan on-line UT,  mempersiapkan diri untuk mengikuti tutorial tatap muka, tutorial on-line dan UAS.  Menurut Sondang, setelah mengikuti pelatihan keterampilan belajar jarak jauh, mahasiswa baru UT diharapkan memiliki kompetensi  dalam merancang jadwal belajar, membaca bahan ajar dengan menggunakan strategi yang benar, merangkum hasil baca, mengakses layanan UT on-line, mengikuti tutorial tatap muka dan tutorial on-line, mempersiapkan UAS dengan baik sehingga mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan IPK tinggi.  Apalagi,  Menristekdikti  Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. mengapresiasi UT sebagai Perguruan Tinggi pertama 

3 1
3 2

Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Baru UT Medan

yang menerapkan sietem belajar jarak jauh dan berharap UT mampu meningkatkan Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi yang masih rendah serta menghasilkan SDM yang berkualitas. Maka untuk memenuhi harapan Menristekdikti tersebut UT berusaha mengawal proses belajar mandiri mahasiswa, meningkatkan keterampilan mahasiswa mengakses layanan dan sumber pembelayaran on-line serta menjaga wibawa akademik UT, demikian menurut Sondang .

Selanjutnya, Sondang menyatakan bahwa untuk memperluas kesempatan kuliah di Perguruan Tinggi bagi lulusan SLTA sesuai harapan Kemenristekdikti, maka UT menerima pendaftaran mahasiswa baru sepanjang tahun sedangkan registrasi matakuliah untuk mahasiswa baru untuk masa registrasi 2019/2020.1 akan dibuka mulai tanggal 10 Juni 2019 sampai dengan 21 Agustus 2019. Bagi siswa SLTA di Kabupaten/Kota di wilayah Sumatera Utara yang lulus tahun ini maupun telah lulus beberapa tahun sebelumnya, dapat mendaftar kuliah di UT. Untuk pendaftaran dan registrasi Klik saja https://sia.ut.ac.id atau hubungi Kantor UT Medan Jl Bromo No. 29 Medan, telp. 061-7326261, 061-7323795, email  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. . Menurut Sondang, Siapapun bisa kuliah di UT, Perguruan Tinggi Negeri ke 45, karena di UT tidak ada batasan usia, tahun ijazah, dan tempat belajar dengan biaya relatif terjangkau. Pembelajaran dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, dan dengan siapapun. Mahasiswa tidak perlu meninggalkan keluarga dan kost karena kuliahnya di daerah tempat tinggal siswa secara online maupun tatap muka.

cari