Berita UT Medan

Home – Berita

Orientasi Studi Mahasiswa Baru UT Medan di Nias Barat Dimeriahkan Tarian Maena

Nias Barat, 17 Maret 2024 – Universitas Terbuka Medan telah sukses menggelar acara Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Kemampuan Belajar Jarak Jauh Tahap (PKBJJ) ke III di Nias Barat, yang mana Nias Barat merupakan lokasi terjauh yang dijangkau UT Medan demi memberikan akses pendidikan jarak jauh berkualitas dunia kepada Masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Dalam acara yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa baru UT Medan, para mahasiswa diajak untuk kenal lebih dekat dengan Universitas Terbuka. Mereka diberikan pemahaman mendalam mengenai pembelajaran mandiri, Bantuan Belajar dan Layanan Pembelajaran yang disediakan UT, Kode Etik serta kegiatan kemahasiswaan yang ada.

Selain itu, saat PKBJJ mereka juga dilatih untuk menghadapi tantangan belajar secara daring, sesuai dengan semangat adaptasi terhadap perkembangan teknologi. Terdapat materi seperti membuat rencana belajar, cara cepat membaca dan merekam hasil baca, cara tepat mengerjakan tugas tutorial dan akses layanan UT online “Sangat penting bagi kami untuk tetap menjangkau dan merangkul mahasiswa baru yang ada di lokasi terjauh pada jangkauan UT Medan. Ini adalah langkah awal yang penting untuk membangun rasa kemandirian serta kecintaan terhadap UT lebih dekat karena kehadiran tim yang terjun langsung di lokasi ini,” ujar Yushita Marini sebagai ketua tim OSMB dan PKBJJ di Nias Barat.

Selain kegiatan OSMB dan PKBJJ, highlight dari acara tersebut adalah penampilan tarian Maena, tarian tradisional khas Nias Barat. Para mahasiswa baru, beserta tim panitia, turut serta dalam menari bersama, menunjukkan semangat kebersamaan dan kegembiraan dalam menjalin ikatan sebagai bagian dari komunitas kampus.

“Tarian Maena tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga sebuah simbol persatuan dan kebanggaan akan kekayaan budaya Indonesia. Kami berharap melalui acara ini, tidak hanya tim dari UT Medan tetap mahasiswa dapat menjaga kebudayaannya dan memahami nilai-nilai budaya yang ada di Pulau Nias,” tambah Yushita.

Acara ini mendapat sambutan meriah dari mahasiswa baru UT Medan yang berdomisili di Nias Barat, Nias Selatan maupun Kabupaten Nias. mereka menyatakan antusiasme mereka dalam mengikuti rangkaian seluruh acara meskipun harus menempuh jarak yang cukup jauh dan jalanan yang kurang memadai. Diharapkan, kegiatan UT tetap dilaksanakan di daerah tersebut agar mahasiswa yang berada di domisili sana tidak merasa di bedakan. Karena UT menjangkau yang tak terjangkau.

Universitas Terbuka
Making Higher Education
Open to All

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *