503 Lulusan Universitas Terbuka Terima Ijazah

Sebanyak 503 orang lulusan Universitas Terbuka (UT) Medan mengikuti proses Upacara Penerimaan Ijazah(UPI),Sabtu(23/2/2019) di Asrama Haji Medan.
52508148 1800018853437388 3525602726161416192 n

Saat kegiatan berlangsung mengemuka bahwa, Perguruan Tinggi (PT) Universitas Terbuka dengan sistem belajar jarak jauh semakin modern dan diminati. Hal itu disampaikan Rektor Universitas Terbuka , Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D diwakili Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Terbuka,Ir.Adi Winata MSi.

Pesrta UPI adalah alumni dari Program Studi S1 Akutansi,Manajemen, Ilmu Komunikasi,Ilmu Hukum dan S1 PGSD,S1 PGPAUD.   Hadir Kepala Unit Pembelajaran Jarak Jauh(UPBJJ) Universitas Terbuka  Medan, Dra Sondang Purnamasari Pakpahan MA,Kepala BKN Regional VI Medan,English Nainggolan,SH.MH,Kadisdik Pendidikan Sumut diwakili Dr.Suhendri,MA,Gubsu H.Edy Rahmayadi diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan,H.Nauval Makyar,SH,MHum dan undangan lainnya.

Lebih lanjut Rektor UT menyampaikan, Inovasi Pendidikan Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Tema ini dipilih mengingat saat ini dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 dan pendidikan adalah pintu masuk untuk mempersiapkan revolusi industri 4.0. Pendidikan dasar merupakan acuan sebelum melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Dilanjutkanya,Universitas Terbuka (UT) adalah lembaga pendidikan tinggi yang menggunakan sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh dalam proses pendidikannya. Saat awal pendirian UT, masyarakat umumnya tidak yakin proses pembelajaran dapat dilakukan melalui pendidikan jarak jauh atau on-line learning,namun, saat ini, di era revolusi industri 4.0, seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia sedang bersiap diri untuk menerapkan sistem pendidikan jarak jauh atau on-line learning seperti yang diterapkan UT, sesuai keinginan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Prof. H. Mohamad Nasir, Ak, Ph.D untuk meningkatkan APK Perguruan Tinggi Indonesia yang masih rendah yaitu 31,5%.

“Artinya hanya 31,5% anak-anak lulusan SLTA yang kuliah. Masih ada 68,5% anak-anak lulusan SLTA, yang tidak mempunyai kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi, dan tidak punya kesempatan akses ke layanan pendidikan tinggi. Hal ini tidak mungkin ditempuh dengan skema pembelajaran yang diterapkan saat ini. Salah satu solusi yang akan diambil pemerintah dalam meningkatkan APK pendidikan tinggi, yaitu dengan memasifkan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ), terutama penyelenggaraan pembelajaran dalam jaringan, sebagai salah satu mode utama,”katanya.

Saat ini,lanjutnya,  UT merupakan Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh yang modern karena sudah menuju fully on-line mulai dari registrasi, bahan ajar, layanan bantuan belajar, Sumber pembelajaran hingga ujian akhir semester, meskipun masih ada layanan yang mengintegrasikan layanan tatap muka dan on-line.

Kepala UPBJJ – UT Medan,Dra Sondang Purnamasari Pakpahan MA menyebutkan,dibalik keberhasilan para lulusan UT juga mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten/Kota  yang telah memotivasi dan mengarahkan untuk melanjutkan pendidikan tanpa meninggalkan tugas melalui Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh Universitas Terbuka , serta telah menyediakan dana beasiswa kepada beberapa mahasiswa serta Dinas Pendidikan provinsi dan kabupaten kota pihak perbankan maupun PT Pos Indonesia dan pendukung lainnya.

Disebutkanya,masa registrasi 2018 jumlah mahasiswa Universitas Terbuka di wilayah Sumatera Utara  mencapai 12.482,  dimana 9.393 diantaranya adalah mahasiswa program Pendidikan Dasar (S1 PGSD dan S1 PGPAUD)  yang merupakan guru SD dan Guru PAUD.

Jumlah Alumni Universitas Terbuka di wilayah Sumatera Utara mencapai 41.000 dimana 38.000 diantaranya adalah alumni program S1 PGSD/S1 PGPAUD. Melalui program S1 PGSD dan S1 PGPAUD ini diharapkan lulusan UT  mampu bertanggung jawab sebagai guru sekolah dasar ataupun guru pendidikan anak usia dini profesional pada pencapaian hasil kerja organisasi  dan mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah kependidikan dan keguruan bidang ke-SD-an atau ke PAUD-an. “Sedangkan lulusan yang menerima ijazah hari ini sebanyak 503 orang,”katanya.

53111140 1800018756770731 8369169922911109120 n

Gubsu,Edy Rahmayadi  diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan,H.Nauval Makyar,SH,MHum dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada Universitas Terbuka yang turut mendorong tercapainya masyarakat berpendidikan sehinggga dengab sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh(PTTJJ) yang didukung kemajuan teknologi pembelajaran semakin diminati.

Maka, bagi para lulusan diharapkan menjadi insan cerdas,berbudi luhur,berahlak mulia dan menggunakan ilmu ditengah masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan UPI sekaligus memberi penghargaan untuk mahasiswa terbaik dengan IPK 3.56 atas nama Muhammad Taufan Jurusan Manajemen.(wanitamedan.com)

 

cari