Berita UT Medan

Home – Berita

Antusiasme Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Medan Ikuti OSMB dan PKBJJ di Rantau Prapat

Medan, 10 Maret 2024 – Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh para mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) Medan dalam mengikuti kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang diselenggarakan pada tanggal 9-10 Maret 2024 di Suzuya Ballroom Hotel. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa baru yang berasal dari Rantau Prapat, Kota Pinang, Teluk Panji dan sekitarnya.

Berbeda dengan kampus lain, pengenalan budaya akademik di UT Medan dikemas dengan konsep yang unik dan menarik. Mengusung konsep belajar mandiri, para mahasiswa dibekali dengan berbagai materi kesiapan belajar jarak jauh melalui OSMB dan PKBJJ.

Pada OSMB, para mahasiswa baru diperkenalkan dengan sistem pembelajaran UT yang berbeda dengan sistem perkuliahan tradisional. Mereka juga dibekali dengan berbagai keterampilan yang diperlukan untuk dapat belajar secara mandiri dan efektif, seperti manajemen waktu, strategi belajar, dan penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran. Selain itu, narasumber juga menyampaikan berbagai layanan yang tersedia dan harus diketahui oleh seluruh mahasiswa supaya tidak terkendala dalam mengikuti perkuliahan di Universitas Terbuka seperti layanan registrasi, layanan pembelajaran dan ujian, serta materi tentang pembinaan kegiatan kemahasiswaan.

Sementara itu, PKBJJ memberikan pelatihan praktis kepada para mahasiswa baru tentang cara menggunakan berbagai platform pembelajaran online yang disediakan oleh UT. Para mahasiswa juga dibimbing untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas mandiri dengan baik dan efektif.

Salah satu peserta OSMB-PKBJJ, Rini, mengungkapkan rasa antusiasmenya mengikuti kegiatan ini. “Saya senang sekali mengikuti OSMB dan PKBJJ ini. Saya jadi lebih paham tentang sistem belajar di UT dan mendapatkan banyak tips untuk belajar secara mandiri,” ujar Rini.

Kegiatan OSMB dan PKBJJ ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa baru untuk dapat beradaptasi dengan sistem pembelajaran di UT dan mencapai kesuksesan dalam studinya.

Universitas Terbuka
Making Higher Education
Open to All

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *