Berita UT Medan

Home – Berita

Duta Pariwisata Asahan 2023 Ikut Memeriahkan Kegiatan OSMB dan PKBJJ di Kab. Asahan

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) tahun 2023 semester ganjil telah ditutup, antusias masyarakat Indonesia untuk bergabung dengan UT semakin tinggi. Semester ini mahasiswa UT telah tembus mencapai setengah juta mahasiswa. Tentu saja antusias ini disambut baik UT yang telah berkomitmen melayani anak bangsa dalam mengenyam pendidikan tinggi. 

Untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan terbaiknya pada seluruh lini, termasuk di seluruh UT Daerah, Universitas Terbuka melalui UT Medan melakukan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) secara tatap muka disetiap daerah yang telah ditentukan berdasarkan beberapa pertimbangan. Kegiatan OSMB & PKBJJ yang dilaksanakan secara tatap muka merupakan kegiatan pelatihan dan pendidikan kepada para mahasiswa yang berada didaerah yang kurang memiliki fasilitas daring, seperti jaringan provider yang kurang lancar, atau mahasiswa UT yang berada di masyarakat yang kurang faham teknologi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada para mahasiswa UT yang ada di daerah mengenai cara belajar yang efektif agar dapat lulus dengan baik dan tepat waktu, sekaligus lebih memperkenalkan dan melatih mahasiswa UT yang didaerah dalam memanfaatkan teknologi dalam media pembelajaran di UT.

Salah satu daerah pelaksanaan kegiatan OSMB & PKBJJ adalah Kabupaten Asahan, tepatnya di Kota Kisaran. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 16 dan 17 September 2023 dengan lokasi kegiatan OSMB dan PKBJJ dilaksanakan di Aula Marina Hotel Kisaran. Peserta kegiatan merupakan para mahasiswa baru dan lama yang memerlukan pengetahuan lebih baik mengenai Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri yang akan diterapkan pada pembelajaran di Universitas Terbuka untuk daerah Kelompok Belajar Asahan, Tanjungbalai, Batubara dan sekitarnya. Peserta yang diundang pada kegiatan ini sebanyak 490 mahasiswa baru yang berada disekitar Asahan.

Di Kota Kisaran ini, Ibu Direktur UT Medan turun langsung sebagai narasumber utama pada kegiatan OSMB & PKBJJ dalam memperkenalkan Konsep Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ), Sosialisasi Pencegahan & Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) dilingkungan perguruan tinggi, keterampilan mengelola waktu & menyusun rencana belajar. Selain itu Ibu Yushita Marini, S.E., M.Si. juga merupakan narasumber kegiatan OSMB & PKBJJ pada materi kiat sukses registrasi, administratif & pengujian, pelatihan pembelajaran e-learning dan kiat sukses tutorial online, serta mengakses layanan sumber belajar. Bapak Fajar Saigun Wibowo juga ikut serta sebagai narasumber ke-IT-an dan praktek akses sumber belajar yang langsung dipraktekkan pada mahasiswa yang hadir pada saat itu.

Selain para narasumber yang aktif dalam memberikan materi dan keilmuan OSMB & PKBJJ di Kota Kisaran, kegiatan ini juga dihadiri oleh para alumni dan mahasiswa senior yang juga tokoh masyarakat yang ikut memberikan motivasi dalam melaksanakan pembelajaran di UT. Salah satunya adalah Rifqi Syuja Marpaung yang juga merupakan Duta Pariwisata Asahan tahun 2023. Ditengah kesibukan beliau dalam keseharian memperkenalkan pariwisata kabupaten Asahan kepada masyarakat Indonesia dan dunia, beliau juga menyisihkan waktu untuk meningkatkan kompetensi diri dibidang pendidikan dengan berkuliah di Universitas Terbuka. Selama kegiatan OSMB & PKBJJ selama dua hari dikota Kisaran. 

Rifqi begitu nama sapaan beliau, menyempatkan diri ikut memeriahkan kegiatan OSMB & PKBJJ kota Kisaran untuk memotivasi para adik-adik junior mahasiswa baru yang hadir yang berasal dari Kabupaten Asaha dan sekitarnya. “Bekerja sambil kuliah merupakan hal yang sulit diwujudkan dalam waktu bersamaan, UT membantu kita memudahkan jalan keberhasilan dalam mewujudkan cita-cita mencapai gelar sarjana sambil terus bekerja dan berkarya. Kalau orang lain bisa, saya bisa, kamu juga pasti bisa. Universitas Terbuka benar-benar menjangkau kita dalam memberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi negeri yang berkualitas di daerah Asahan ini.” Ucap Rifqi. Kegiatan OSMB & PKBJJ ini sebagai salah satu wujud komitmen UT dalam mencerdaskan bangsa hingga kepelosok daerah. Semangat belajar, semangat berkarya, mahasiswa UT pasti bisa!

Penulis :  Yushita Marini, S.E., M.Si.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *