Berita UT Medan

Home – Berita

Langit Gelap Tidak Menyurutkan Langkah Mahasiswa Baru Wilayah Simalungun dan Sekitarnya Mengikuti OSMB dan PKBJJ

P.Siantar, 17 September 2023 – Cuaca yang tidak bersahabat tidak menyurutkan langkah dan semangat mahasiswa baru UT Medan yang berada di wilayah Kabupaten Simalungun dan sekitarnya untuk mengikuti kegiatan OSMB dan PKBJJ. Mengusung konsep Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ), Universitas Terbuka Medan mengharapkan mahasiswanya untuk bisa belajar mandiri agar dapat lulus tepat waktu serta mendapatkan nilai yang baik meskipun tanpa mengikuti perkuliahan secara tatap muka. Untuk itu, setiap Mahasiswa Baru yang mendaftar diberikan pembekalan di awal berupa Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar jarak Jauh (PKBJJ) sebelum dimulainya tutorial. Pembekalan ini diselenggarakan secara bertahap di beberapa kabupaten / kota Se-Sumatera Utara secara Luring.

OSMB sendiri adalah momen pengenalan budaya belajar di Universitas Terbuka. Dimulai dari informasi mengenai konsep PTJJ, informasi Layanan registrasi , Administrasi dan Pengujian, Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar, hingga kegiatan kemahasiswaan diinformasikan secara detail dan dikemas dengan tema yang penuh semangat dan ceria, sehingga mahasiswa merasa senang mengikuti acara OSMB ini. Tidak lupa pula untuk hari berikutnya ada PKBJJ, dimana mahasiswa diajarkan Keterampilan Mengelola Waktu, Kiat Tugas Tutorial, informasi Layanan UT Online maupun Kiat dalam Tutorial Online. Sehingga melalui pelatihan ini, mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dalam mengikuti pembelajaran di UT.

Acara OSMB & PKBJJ di Siantar Hotel berlangsung meriah dan khidmat, ratusan mahasiswa datang memenuhi gedung acara. Selain diisi oleh materi – materi yang disebutkan diatas, mahasiswa juga aktif dan banyak yang menyumbangkan suara indahnya di tiap – tiap jeda sesi. Sehingga acara OSMB & PKBJJ lebih menarik dan tidak membosankan bagi mahasiswa. Dengan instruktur yang ditunjuk dari UT Medan seperti : Drs. Johannes, M.Pd, Okky Agastya S.S dan Hana Basyirah, S.P., Acara ini diharapkan lebih memantapkan lagi mahasiswa – mahasiswa di daerah tersebut sehingga dapat lulus bersama – sama dan tepat waktu.

Kegiatan OSMB dan PKBJJ yang diselenggarakan UT Medan merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap semester sebagai bekal mahasiswa baru dalam menghadapi perkuliahan di Universitas Terbuka. UT Medan membuka pendaftaran mahasiswa baru sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu bulan Desember – Februari dan Juni – Agustus sepanjang tahun. UT Medan juga aktif memberikan informasi kepada masyarakat melalui platform media social instagram @utmedan dan facebook @upbjjmedan. Untuk informasi lebih lanjut, mahasiswa maupun masyrakat umum dapat datang langsung ke Kantor UT Medan yang berada di Jalan Bromo Nomor 29 Binjai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Atau bisa juga menghubungi kontak Pelayanan Mahasiswa (Pelma) UT Medan di nomor 0811-616-1212 (wa only) atau telp 061-7326261

Universitas Terbuka
Making Higher Education
Open to All

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *