Berita UT Medan

Home – Berita

Tinggal di Luar Negeri, Bukan Problem untuk Mahasiswa UT Mengikuti Perkuliahan

Medan, 20 Januari 2024 – Universitas Terbuka (UT) membuka peluang bagi warga negara Indonesia yang berada di luar negeri untuk menempuh pendidikan tinggi melalui sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ). Sistem ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar tanpa terbatas pada ruang dan waktu.

Salah satu mahasiswa UT di luar negeri adalah Edward Wun, mahasiswa UT program studi Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemah. Dia seorang pria berusia 18 tahun yang saat ini berada di Shanghai, Cina. Edward juga diketahui sedang menempuh pendidikan di Shanghai Ocean University, jurusan Aquaculture dengan beasiswa full board. Meski demikian, ia tetap ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia.

Edward memilih UT sebagai pilihan karena belajarnya yang fleksibel dan jarak jauh. Ia tidak perlu pulang ke Indonesia untuk mengikuti perkuliahan atau ujian akhir semester. Semua fasilitas pembelajaran di UT disediakan secara online, sehingga Edward dapat belajar di mana saja dan kapan saja.

“Salah satu kelebihan UT menurut saya adalah saya tidak perlu pulang ke Indonesia untuk mengikuti ujian akhir semester. Cukup dengan mengikuti ujian secara online dari tempat tinggal saya di Shanghai,” ujar Edward.

Edward juga merasa terbantu dengan fasilitas pembelajaran online yang disediakan oleh UT. Fasilitas tersebut, antara lain bahan ajar digital, video pembelajaran, dan forum diskusi. Fasilitas-fasilitas tersebut memudahkan Edward untuk belajar secara mandiri.

“Semua fasilitas pembelajaran di UT sangat membantu saya yang jauh dari Indonesia dan tidak mengganggu studi yang juga saya jalaninya di Shanghai Ocean University,” ujar Edward.

Edward berharap UT semakin maju dan berkualitas dunia serta dapat dijangkau lebih luas lagi di berbagai negara. Ia juga berharap UT dapat terus memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia di luar negeri untuk menempuh pendidikan tinggi.

Alumni SMA Swasta Methodist 2 Medan ini juga berhasil memenangkan Juara 3 – dalam kompetisi Stories of China Retold in English, Shanghai Lingang Area yang diadakan di awal tahun 2024. Selain bisa menempuh pendidikan double degree dan berprestasi di luar negeri, Edward juga mengemukakan beberapa kemudahan yang dapat diperoleh mahasiswa UT di luar negeri:

*Fleksibilitas waktu dan tempat: Mahasiswa dapat belajar di mana saja dan kapan saja, sesuai dengan waktu dan jadwal yang dimiliki.
*Efisiensi biaya: Biaya pendidikan UT relatif terjangkau, sehingga lebih hemat dibandingkan dengan pendidikan tinggi di luar negeri.
*Kualitas pendidikan: UT merupakan perguruan tinggi negeri yang terakreditasi BAN-PT dan ICDE , sehingga kualitas pendidikannya terjamin.

Dengan kemudahan-kemudahan tersebut, UT menjadi pilihan yang tepat bagi warga negara Indonesia yang ingin menempuh pendidikan tinggi di luar negeri, ujarnya.

4 Comments

  • Deva

    Izin bertany, saya tinggal di luar negeri untuk pengajuan uo bisa dilakukan di luar Indo gimana ya? Apa saja yang harus disiapkan

    • nanti perlu disiapkan surat domisili di luar negeri nya ya kak.. Bisa nanti menghubungi admin di nomor wa layanan ut medan ya : 08116161212

  • Maaf Izin bertanya, jika menggunakan bahan ajar digital apa tetap membayar biaya bahan ajar seperti biasa juga ketika pembayaran mata kuliah di awal semester (tertera di kode billing)? Terimakasih

    • sepertinya biaya bahan ajar include sama spp ya kakak.. jadi selain biaya terjangkau dapet bahan ajar cetak juga kakak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *