Berita UT Medan

Home – Berita

Peluncuran Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD)










Membangun generasi hebat melalui kampus berkualitas, Universitas Terbuka (UT) secara resmi membuka 2 (dua) program studi baru yaitu Sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini (MPAD) yang dilaksanakan secara daring via zoom https://sl.ut.ac.id/peluncuranprodi. Peluncuran program studi ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, antara lain: Direktur Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah pada Kemdikbud Ristek yang diwakili oleh Ketua Kerja Kemitraan dan Advokasi Ditjen Paud Diktas dan Ditasmen, Ketua Umum Asosisasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, Ketua Umum Ikatan Dokter Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, Ketua Umum Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia, Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia Diwakili Oleh Ketua Dan Sekretaris Pengurus Wilayah Himpaudi Banten, Wakil Sekretaris Perkumpulan Prodi Pendidikan Agama Islam Indonesia, Ketua Asosiasi Prodi Pendidikan Keagamaan Islam, Ketua Majelis Wali Amanah Universitas Terbuka beserta sekretaris, Ketua Senat Akdemik Universitas Terbuka beserta sekretaris dan Rektor Universitas Terbuka beserta jajarannya.

Program studi Sarjana Pendidikan Agama Islam, dibuka untuk mahasiswa guru dan non-guru. Jurusan ini dibuka karena tingginya anemo pasar akan guru Pendidikan Agama Islam baik di sekolah maupun madrasah, sehingga UT membantu dalam mewudkan hal tersebut. Sebagai universitas yang berbasis jarak jauh, UT berkontribusi terhadap minimnya pendidik agama Islam yang mampu memanfaatkan teknologi dalam menyebarkan ilmu agama. UT memberikan peluang bagi alumni dari lulusan madrasah dan pondok pesantren yang selama ini harus memilih jurusan yang tidak linier dengan minat mereka.

Penerimaan calon mahasiswa program studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini, saat ini terbatas di beberapa UT saja, yaitu UT Denpasar, UT Bandung, UT Semarang, UT Lampung dan UT Jember. Keunggulan dari program studi ini ditinjau dari kurikulumnya terbagi menjadi 5 (lima) bidang, antara lain pengembangan kurikulum dan pembelajaran, perkembangan anak, manajemen, analisis kebijakan serta ke-PJJ-an.

Rektor Universitas Terbuka,  Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D menuturkan bahwa “UT telah memberi warna pada sejarah perjalanan bangsa, memberikan pengabdian terbaik, mengimplementasikan mandat yang diberikan oleh pemerintah. UT juga berupaya merealisasikan harapan pemerintah meningkatkan daya tampung perguruan tinggi negeri di tanah air untuk menampung anak-anak bangsa yang setiap tahun lulus SMA”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *