Universitas Terbuka (UT) selalu berupaya memberikan layanan terbaik untuk mahasiswa dengan menjangkau yang tidak terjangkau. Kehadiran Sentra Layanan UT (SALUT) yang saat ini berada di Kota Gunung Sitoli, Kepualaun Nias sebagai perpanjangan tangan dari UT Medan merupakan sarana yang mendekatkan akses layanan terkait informasi mengenai UT kepada mahasiswa, calon mahasiswa atau masyarakat umum. Kehadiran SALUT di berbagai kota ini bertujuan untuk menjangkau para mahasiswa dan masyarakat yang masih membutuhkan layanan langsung tatap muka. SALUT didukung oleh perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi, dan instruktur IT yang dikelola oleh mitra UT.
Untuk menjaga kinerja yang baik dan layanan optimal, SALUT Prawira di Kota Gunungsitoli dikunjungi oleh tim UT Pusat dan UT Medan pada Kamis, 30 Mei 2024. Kunjungan ini dihadiri
langsung oleh Dosen Senior Universitas Terbuka Bapak Ir. Adi Winata M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Periode 2019-2023 dan Kepala Pusat Produksi Bahan Ajar Multimedia Bapak Drs. Jamaludin, M.Si. serta didampingi oleh Direktur UT Medan.
Acara dibuka oleh sambutan dari Direktur UT Medan yang terkesan dengan kehadiran Salut Prawira di Kota Gunungsitoli dilanjutkan oleh Bapak Adi Winata, M.Si. dan Jamaludin, M.Si.. Melalui adanya SALUT Prawira, beliau turut berharap dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa dan masyarakat yang masih membutuhkan pelayanan secara tatap muka di kepulauan Nias dapat terwakili. Selain itu, SALUT Prawira juga diharapkan dapat mengadakan aktivitas atau kegiatan yang kreatif untuk menarik minat masyarakat terhadap UT.
Ketua Salut Prawira Bapak Radius Hulu, SH, MH. Memberikan pemaparan terkait lokasi Salut Prawira dan juga rencana di masa yang akan datang, semoga layanan terbaik yang bisa diberikan oleh Salut Prawira menjadikan UT di Kepulauan Nias menjadi lebih dikenal lagi.