Tata Cara Proses Admisi RPL

Universitas Terbuka

 

REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (ALIH KREDIT)

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal (Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor: 26 Tahun 2016). 

RPL bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk masuk dalam sistem pendidikan formal atau disetarakan dengan kualifikasi tertentu berdasarkan pada pendidikan formal, nonformal, informal atau pengalaman kerja pada bidang yang sangat khusus atau langka dan dibutuhkan oleh negara seperti dosen, instruktur, guru, tenaga kesehatan dan profesi tertentu lainnya yang sangat spesifik. 

Sistem Alih Kredit merupakan RPL yang selama ini diberlakukan oleh UT. Alih kredit merupakan pengakuan terhadap pengalaman belajar dan kelulusan mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa dari suatu perguruan tinggi. 

1.      Jenis Alih Kredit

Alih kredit di UT dapat dikategorikan sebagai berikut:

a.       RPL Perolehan

RPL yang diberikan kepada calon mahasiswa Universitas Terbuka berupa pengakuan atas pengalaman/pendidikan informal ke capaian pembelajaran pendidikan formal (minimal pengalaman kerja 2 tahun yang relevan dengan program studi yang dituju).

b.      RPL Transfer

RPL yang diberikan kepada calon mahasiswa Universitas Terbuka berupa pengakuan atas hasil pembelajaran formal ke capaian pembelajaran. Alih kredit mengakomodir 2 jenis : Alih jenjang (dari Diploma ke Sarjana yang relevan) dan Lintas Jalur (dari Diploma ke Sarjana yang tidak relevan) serta mahasiswa pindahan/transfer yang belum lulus dan tidak berstatus DROP OUT.

c.       RPL Khusus Pendas (PGSD dan PGPAUD)

RPL yang diberikan kepada calon mahasiswa Universitas Terbuka (khusus Program Studi PGSD dan PGPAUD) berupa pengakuan atas masa mengajar calon mahasiswa (yang dibuktikan dengan SK Mengajar minimal 1 tahun) dan telah memiliki ijazah Diploma atau Sarjana sebelumnya.

 

Catatan :

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar menggunakan Jalur RPL Perolehan dari S1 ke S1 di UT wajib melampirkan pengalaman kerja yang relevan dengan program studi yang dituju minimal 2 tahun. Bila tidak, maka pengajuan RPL nya akan ditolak dan masuk sebagai mahasiswa baru semester 1 (tanpa proses RPL).

 

 

2.      Persyaratan Pengajuan Alih Kredit (RPL)

a.       RPL Perolehan

·         Scan ijazah SLTA atau sederajat/Paket C/Sarjana asli dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (Perguruan Tinggi/Dinas Pendidikan Provinsi/L2DIKTI).

·         Sertifikat kursus/pelatihan yang dikeluarkan oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) atau yang setara berisi atau dilengkapi dengan capaian pembelajaran/kompetensi kursus/pelatihan, nama mata pelatihan, dan jumlah jam kursus/pelatihan (non formal).

·         Bukti pengakuan masyarakat/penghargaan/prestasi minimal tingkat kabupaten/kota terkait dengan kompetensi yang dimiliki (informal).

·         Bukti pengalaman kerja berupa surat keterangan/SK/logbook (buku catatan)/rekomendasi atau dokumen lainnya yang membuktikan bahwa pemohon telah memiliki pengalaman/keahlian/pengetahuan tertentu yang relevan dengan kualifikasi pemohon sesuai kompetensi yang diharapkan.

 

b.      RPL Transfer

·         Scan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (Perguruan Tinggi/Dinas Pendidikan Provinsi/L2DIKTI) bagi lulusan Diploma.

·         Scan surat keterangan mengikuti perkuliahan dan daftar nilai mata kuliah dari perguruan tinggi asal yang dilegalisasir oleh pejabat yang berwenang (Perguruan tinggi/Dinas Pendidikan Propinsi/L2DIKTI) bagi calon mahasiswa yang tidak/belum lulus Diploma dan Sarjana (bukan mahasiswa Drop Out).

·         Berkas digital SK/Sertifikat akreditasi Prodi dari BAN PT.

·         Tangkapan layar (screenshot) data calon mahasiswa dari laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/ dengan ketentuan berikut :

a.       bagi mahasiswa Diploma atau Sarjana yang tidak/belum lulus (dari kampus sebelumnya) maka keterangannya di laman PDDIKTI adalah pindah atau mutasi (tidak boleh Drop Out/Keluar/Diberhentikan).

b.      bagi calon mahasiswa dari program Diploma (pada kampus sebelumnya) yang sudah lulus maka keterangannya di laman PDDIKTI adalah lulus.

·         Jika data pada laman PDDIKTI belum tercantum data mahasiswa tersebut, maka silahkan membuat Surat Keterangan dari kampus sebelumnya yang menyatakan bahwa data mahasiswa belum dimasukkan ke laman PDDIKTI oleh kampus yang bersangkutan.

 

c.       RPL Khusus Pendas (PGSD dan PGPAUD)

·         Scan ijazah SLTA atau sederajat/Paket C/Diploma/Sarjana asli dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (Perguruan Tinggi/Dinas Pendidikan Provinsi/L2DIKTI).

·         Surat Keterangan Aktif Mengajar (SK Mengajar) terbaru

·         Surat Keterangan Pengangkatan sebagai Guru Kelas minimal 1 tahun.

·         Tangkapan layar (screenshot) data calon mahasiswa dari laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/ bagi lulusan Diploma atau Sarjana.

 

 

3.      Persyaratan WAJIB

1.      Scan ijazah SLTA atau sederajat/Paket C Diploma/Sarjana asli dilegalisasi

2.      Scan Kartu Tanda Penduduk

3.      Pasphoto formal (3×4 berwarna)

4.      Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen (unduh di www.ut.ac.id/formulir)

5.      Formulir tanda tangan mahasiswa (unduh di www.ut.ac.id/formulir)

 

4.      Persyaratan tambahan khusus Program Studi

1.      S1 Ilmu Pemerintahan

Khusus aparatur desa dapat mengajukan RPL dengan skema RPL Perolehan dan skema layanan Non SIPAS (Non-Sistem Paket Semester) dengan melampirkan :

·         SK Pengangkatan sebagai Aparatur Desa.

·         Sertifikat Pelatihan yang pernah diikuti yang sesuai dengan kurikulum Program Studi Ilmu Pemerintahan (semakin banyak pelatihan yang relevan maka semakin banyak mata kuliah yang dapat dibebaskan).

 

2.      S1 Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi

Khusus tenaga pengelola perpustakaan (sekolah, umum, daerah atau perguruan tinggi) minimal memiliki pengalaman selama 2 tahun dapat mengajukan RPL dengan skema RPL Perolehan dan skema layanan Non SIPAS (Non-Sistem Paket Semester) dengan melampirkan :

·         SK Pengangkatan sebagai Tenaga Pengelola Perpustakaan.

·         Sertifikat Pelatihan yang pernah diikuti yang sesuai dengan kurikulum Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi (semakin banyak pelatihan yang relevan maka semakin banyak mata kuliah yang dapat dibebaskan).

 

3.      S1 Ilmu Hukum

Khusus anggota Kepolisian Republik Indonesia yang memiliki ijazah Pendidikan Pembentukan Bintara (DIKTUBA) dapat mengajukan RPL dengan skema RPL Perolehan dan skema layanan Non SIPAS (Non-Sistem Paket Semester) dengan melampirkan :

·         Ijazah DIKTUBA yang dilegalisasi oleh pihak berwenang.

·         Daftar Nilai DIKTUBA yang dilegalisasi oleh pihak berwenang.

 

4.      S1 PGSD dan PGPAUD

Khusus calon mahasiswa yang sudah berprofesi sebagai GURU KELAS (bukan guru pengganti, guru BK, guru Mata Pelajaran, atau tenaga administrasi) dapat mengajukan RPL dengan skema RPL Transfer (bagi Lulusan Diploma) dan RPL Perolehan (bagi lulusan Sarjana) dengan skema layanan Non SIPAS (Non-Sistem Paket Semester) dengan melampirkan :

·         Surat Keterangan Aktif Mengajar (SK Mengajar) terbaru

·         Surat Keterangan Pengangkatan sebagai Guru Kelas minimal 1 tahun.

 

5.      S1 lainnya

Khusus calon mahasiswa yang sudah memiliki ijazah S1 dan ingin mengambil kembali program studi S1 di UT dapat mengajukan RPL dengan skema RPL Perolehan dan skema layanan Non SIPAS (Non-Sistem Paket Semester) dengan melampirkan :

·         Memiliki pengalaman bekerja yang relevan dengan program studi yang dituju di UT minimal 2 tahun dan dibuktikan dengan Curriculum Vitae (CV) yang ditandatangani oleh atasan langsung.

 

 

Video Panduan Registrasi Mahasiswa Jalur RPL

https://www.youtube.com/watch?v=tZISR6Kccdo

Kenapa Harus kuliah di ut

Layanan Pendidikan Terbaik Untuk Proses Perkuliahan Anda

Non Paket Semester (Non SIPAS) Diploma/Sarjana

Great For Anyone
Rp 36 Rb-an
/SKS
Bahan Ajar Digital
Layanan Tutorial dan Ujian
Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh

Sistem Paket Semester (SIPAS) Diploma/Sarjana

Great for Anyone
Rp 1,3 Juta
/Semester
Bahan Ajar Cetak & Digital
Layanan Tutorial dan Ujian
Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh
Hot

Biaya SPP di UT

Sesuai dengan visi dan misi UT mewujudkan Perguruan Tinggi Negeri Berkualitas dengan Harga Terjangkau, UT menerapkan sistem uang kuliah tunggal

Mahasiswa Aktif UT
0 K
Pengajar
0 k+
Alumni
0 Juta
Prodi Akreditasi A dan B
0 +

Statistik Mahasiswa UT Medan

Target Utama UT

©2024. Universitas Terbuka Medan. All Rights Reserved.