Persyaratan Perubahan Data Pribadi di PDDIKTI

Registrasi

PDDIKTI
Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) adalah kumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang sudah terintegrasi secara nasional. PDDikti menjadi basis data tunggal dalam menyediakan data yang lengkap dan valid terkait data pokok pendidikan tinggi, data referensi pendidikan tinggi, dan data transaksional pendidikan tinggi.

Tujuan dan Fungsi PDDikti
Tujuan PDDikti dalam mengumpulkan fakta mengenai penyelenggaraan pendidikan tinggi akan dimanfaatkan untuk pembangunan pendidikan tinggi. Sedangkan cakupan kerja dan kewenangan PDDikti adalah pengelolaan data pendidikan tinggi tingkat nasional.
PDDikti berfungsi sebagai sumber informasi bagi:
lembaga akreditasi, untuk melakukan akreditasi program studi dan perguruan tinggi; pemerintah, untuk melakukan pengaturan, perencanaan, pengawasan, pemantauan, dan evaluasi, serta pembinaan dan koordinasi program studi dan perguruan tinggi; dan masyarakat, untuk mengetahui kinerja program studi dan perguruan tinggi.

Syarat Pengajuan Perubahan Data Pribadi di PDDIKTI

Persyaratan :

No. Perubahan Dokumen Pendukung
1 Nama Mahasiswa Scan asli dan berwarna Kartu Keluarga (KK) (pdf)Scan asli dan berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP) (pdf)Scan asli dan berwarna Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)–khusus untuk perubahan NIM. (pdf)Scan asli dan berwarna Akta Lahir (pdf)Scan asli dan berwarna Ijazah dan Transkrip Nilai (jika sudah lulus) (pdf)Surat pernyataan perubahan data, link : https://sl.ut.ac.id/suratpernyataanperubahanpddikti2024  (pdf)
2 NIM
3 Nama Ibu Kandung
4 Tempat/Tanggal/Bulan/Tahun lahir
5 Jenis Kelamin
6 Nomor Ijazah Scan asli dan berwarna Ijazah dan Transkrip Nilai, apabila lulusan FKIP harap melampirkan akta mengajar. (pdf)Surat pernyataan perubahan data, link : https://sl.ut.ac.id/suratpernyataanperubahanpddikti2024  (pdf)
7 NIK (Nomor Induk Kependudukan) Surat pernyataan perubahan data, link : https://sl.ut.ac.id/suratpernyataanperubahanpddikti2024  (pdf)Scan Ijazah (pdf)Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) (pdf)

*Wajib mengisi data email aktif pada surat pernyataan

Seluruh berkas tersebut dikirim ke email pddikti@ecampus.ut.ac.id 


Berikut adalah surat Keputusan Dirjen Belmawa Nomor 302 B SK 2017 Tentang Prosedur Perubahan Data Mahasiswa
Keputusan_Dirjen_Belmawa_Nomor_302_B_SK_2017_Prosedur_Perubahan_Data_Mahasiswa.pdf

Durasi Perubahan Data Pribadi di PDDIKTI

Menilik dari edaran SK Dirjen Belmawa Tentang Prosedur Perubahan Data Mahasiswa (PDM) sebagai berikut:

1. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melakukan verifikasi, validasi dan persetujuan terhadap usulan perubahan data mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) maksimal 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung dari usulan tercatat di PD-DIKTI

2. Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) melakukan verifikasi, validasi dan persetujuan terhadap usulan perubahan data mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maksimal 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung dari usulan tercatat di PD-DIKTI.

3. Kelompok kerja pengelola data pendidikan tinggi dibawah Kementerian Agama melakukan verifikasi, validasi dan persetujuan terhadap usulan perubahan data mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Agama (PTA) maksimal 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung dari usulan tercatat di PD-DIKTI.

Pihak PDDIKTI Universitas Terbuka hanya sampai pada proses pengajuan perubahan data ke PDDIKTI, untuk estimasi waktu berapa lama untuk perubahan di PDDIKTI tergantung pada kebijakan PDDIKTI KEMENDIKBUD itu sendiri.

Kenapa Harus kuliah di ut

Layanan Pendidikan Terbaik Untuk Proses Perkuliahan Anda

Mahasiswa Aktif UT
0 K
Pengajar
0 k+
Alumni
0 Juta
Prodi Akreditasi A dan B
0 +

Berita Terbaru UT Medan

Statistik Mahasiswa UT Medan

Target Utama UT

©2024. Universitas Terbuka Medan. All Rights Reserved.