Medan, 15 Juli 2025 — Universitas Terbuka (UT) Medan kembali menyelenggarakan ujian sidang tesis bagi mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Juli 2025, bertempat di Ruang Sidang UT Medan, yang diikuti oleh sebanyak 7 mahasiswa yang telah menyelesaikan tahapan penelitian dan penulisan tesis mereka.
Pelaksanaan ujian sidang ini dibuka langsung oleh Direktur UT Medan, Yasir Riady, yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas semangat dan ketekunan para mahasiswa magister dalam menyelesaikan studinya, sekaligus berharap hasil penelitian yang telah dilakukan dapat memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan dasar, khususnya di wilayah Sumatera Utara.
“Sidang tesis ini bukan hanya menjadi penanda akhir studi, tetapi juga awal kontribusi nyata saudara sekalian sebagai lulusan magister dalam mengembangkan praktik pendidikan di lapangan,” ujar Direktur UT Medan dalam sambutannya.
Sidang dilaksanakan secara daring dengan dihadiri tim penguji yang terdiri dari para dosen dan akademisi UT Medan diantaranya Prof. Dr. Hasratuddin, M.Pd., Prof. Drs. Udan Kusmawan, M.A., Ph.D. . Prof. Dr. Rasmitadila, M.Pd, Prof. Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.Sc., Dr. Thesa Kandaga, S.Si, M.Pd, Prof. Dr. Efendi Napitupulu, M.Pd., Dr. Suhartono, M.Pd., Prof. Dr. Isah Cahyani, M.Pd, Dr. Arif Rahman, M.Pd., Dr. Heni Safitri, S.Pd., M.Si dan Dr. Puryati, M.Pd.
Seluruh 7 mahasiswa UT Medan melaksanakan ujian sidang TAPM dengan judul :
• Desi Yusnanda Sari NIM. 530087153 dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Locus Of Control Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V UPTD SD Negeri Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara
• Yullya Ardiny Hasibuan NIM. 530076752 dengan judul Pengaruh Model Project Based Learning Berorientasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa,
• Samsudin Ritonga NIM. 530087121 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Berbasis Video dan Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas
• Khairuddin NIM. 530087178 Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Berpikir Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Kolang Kabupaten Tapanuli Tengah
• Sukma Fajri NIM. 530082606 Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM di SMP Chandra umala
• Putri Andini NIM. 530087296 Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Negeri 165718 Tebing Tinggi
• Yustika Adelina NIM. 501574266 Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Keterampilan Sosial terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 101901 Lubuk Pakam
Masing-masing mahasiswa memaparkan hasil penelitian tesis mereka, yang membahas berbagai isu aktual dalam bidang pendidikan dasar seperti peningkatan literasi numerasi, model embelajaran berbasis kearifan lokal, hingga strategi peningkatan motivasi belajar siswa di sekolah dasar.
Seluruh peserta berhasil menjalani sidang dengan baik dan dinyatakan lulus dengan berbagai catatan perbaikan yang harus diselesaikan sebelum proses yudisium.
Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Program Pascasarjana UT Medan dalam menjaga mutu lulusan, serta terus mendorong mahasiswa menghasilkan karya ilmiah yang aplikatif bagi dunia pendidikan di daerah. Semoga mahasiswa pascasarjana UT Medan yang sedang berjuang untuk menuju BTR 1, BTR 2 dan Ujian Sidang bisa menyelesaikan dengan baik.