Berita UT Medan

Home – Berita

Lima Mahasiswa Universitas Terbuka ikut KKN Internasional BKS PTN Wilayah Barat Tahun 2024 di Kabupaten Samosir Sumatera Utara

Lima mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Medan mewakili mahasiswa UT mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) international Badan Kerja Sama (BKS) PTN Wilayah Barat tahun 2024 di Pulau Samosir dari Tgl 5 Agustus 2024 sampai dengan 5 September 2024. Lima mahasiswa yang mengikuti program KKN tersebut adalah Ashabul Hadi Rangkuti (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Imam Mukhti Sihombing (Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota), Muhammad Nurmarendra, Mayang Anjani dan Afif Syahban (Prodi Ekonomi Syariah). Universitas Terbuka (UT) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan sistem pembelajaran jarak jauh dimana sistem pembelajarannya fleksibel sehingga mahasiswa bisa kuliah sambil bekerja serta memiliki jangkauan yang luas dari kota hingga pelosok karena belajar bisa dari mana saja. Sebagai PTN, UT bergabung dalam BKS-PTN Wilayah Barat dan mengirim mahasiswa untuk ikutiKKN bersama ini. Meskipun UT perguruan tinggi jarak jauh namun kegiatan kemahasiswaannya tetap ada sebagaimana yang ada pada PTN konvensional.

Pelepasan peserta KKN Internasional BKS PTN Wilayah Barat dilaksanakn Senin 5 Agustus 2024 di Digital Learning Center Building (DLCB) USU. Direktur UT Medan, Yasir Riady,S.S, M.Hum secara langsung ikut melepas para mahasiswa. Turut mendampingi Direktur dalam kegiatan tersebut , Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UT, Dra Yusrafiddin, M.Pd, dan dosen pendmping KKN Dra. Sondang Purnamasari Pakpahan, M.A. Direktur UT Medan, Yasir Riady, S.S, M.Hum, memberikan semangat kepada mahasiswa peserta KKN untuk membangun kerjasama yang positip dengan peserta dari berbagai kampus dalam negeri serta luar negeri dan memberikan kontribusi positif pengabdian kepada masyarakat dari segi program pendidikan dan social. Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UT, Dra. Yusrafiddin, M.Pd menyampaikan KKN Internsional ini diikuti oleh 34 PTN Wilayah Barat dengan total jumlah peserta 194 mahasiswa PTN Wilayah barat dan 20 mahasiswa asing dari 7 negara yaitu Malaysia, Jerman, Myanmar, Thailand, Pakistan, Yaman, dan Sri Langka. 5 mahasiswa UT Medan melakukan KKN di 3 lokasi yaitu di Kelurahan Tuk Tuk Siadong, di Desa Tanjungan, dan di Desa Turpuk Limbong.

Setelah 1 bulan mahasiswa melaksanakan KKN di Pulau Samosir, penjemputan peserta KKN Internasional BKS PTN Wilayah Barat dilaksanakan mulai Selasa 3 September 2024. Pada tanggal 4 September 2024, diselenggarakan presentasi mahasiswa, pameran hasil KKN Internasional, dan penutupan KKN Internasional. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Samosir Tetti Naibaho, S.Sos mewakili Bupati Kab. Samosir , menyaampaikan terima kasih kepada Ketua BKS PTN Wilayah Barat yang telah memilih Kab. Samositr sebagai lokasi KKN Internasional dan juga kepada mahasiswa peserta KKN atas kontribusi mahasiswa selama 1 bulan dalam memberikan solusi atas permasalahan yang ada di desa-dan kelurahan di Kab. Samosir, negeri indah kepingan surga. Apa yang sudah dilakukan mahasiswa semoga terus dilindaklanjuti oleh masyarakat desa dan kelurahan. Kegiatan KKN Internasional ini ditutup oleh Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin sebagai Ketua BKS PTN Wilayah Barat. Pada tanggal 5 September 2024 mahasiswa peserta KKN Internasional kembali ke daerah dan negara masing-masing didampingi pengelola KKN masing-masing PTN. Mahasiswa UT Medan, didampingi Dra. Sondang Purnamasari Pakpahan, MA, kembali ke medan untuk melanjutkan kuliah masa 2024//2025 semester ganjil yang akan dimulai pada tanggal 5 Oktober 2024.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kenapa Harus kuliah di ut

Layanan Pendidikan Terbaik Untuk Proses Perkuliahan Anda

Mahasiswa Aktif UT
0 K
Pengajar
0 k+
Alumni
0 Juta
Prodi Akreditasi A dan B
0 +

Berita Terbaru UT Medan

Statistik Mahasiswa UT Medan

Target Utama UT

©2024. Universitas Terbuka Medan. All Rights Reserved.