UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ MEDAN ADAKAN RAPAT KERJA PENGELOLAAN POKJAR SKEMA BARU

Untuk menciptakan pengelolaan pokjar yang jelas, bersih, dan tertib sesuai dengan Peraturan Rektor Universitas Terbuka Nomor 51 Tahun 2016 Tentang Penetapan Pedoman Pengurus Kelompok Belajar di Lingkungan Universitas Terbuka dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Universitas Terbuka UPBJJ Medan mengadakan Rakerda dengan Pengurus Pokjar Program Non-PGSD/PGPAUD dan Pengurus Pokjar PGSD/PGPAUD pada hari Minggu tanggal 27 November 2016 mulai pukul 10.30 hingga pukul 16.30 WIB

rakorda 1

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Republik Indonesia “Indonesia Raya”, Laporan Ketua Panitia, Pembukaan oleh Kepala UPBJJ-UT Medan, Sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kasie Pendidikan Tinggi Drs Saut Aritonang, M.Hum, Sambutan dan Sosialisasi Pengelolaan Pokjar Skema Baru oleh Kepala UPBJJ-UT Medan, Penandatangan PKS dengan SMPN 23, SMAN 1, SMPN 3 Medan tentang penyelenggaraan Bimbingan, Tutorial Tatap Muka, praktik/praktikum, dan Ujian Akhir Semester, Evaluasi penyelenggaraan registrasi dan UAS, serta kebijakan baru UT terkait Registrasi dan Ujian oleh Koordinator Regjian, Evaluasi penyelenggaraan tutorial tatap muka, praktik/praktikum dan kebijakan barunya oleh Koordinator BBLBA, pembacaan pakta integritas, dan kesepakatan pengurus pokjar untuk menandatangani kontrak persetujuan penggunaan pengelolaan pokjar skema baru dipandu oleh Kasubbag TU. Kegiatan ini dihadiri oleh 45 pengurus pokjar, 3 kepala Sekolah SMA/SMP lokasi tutorial tatap muka/praktik/praktikum/UAS, kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara atau yang mewakili, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan atau yang mewakili. 6 orang pengurus pokjar tidak hadir dalam Rakerda ini.

Pada kesempatan ini, yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara, menyampaikan informasi tentang alih wewenang dari Dinas Pendidikan Kab/Kota ke Dinas pendidikan Propinsi Sumatera Utara yang terkait dengan SMA/SMK, baik untuk anggarannya dan SDMnya. Menurut beliau, mulai tahun 2017, anggaran peningkatan kwalifikasi Guru TK/SD/SMP ada di Dinas Pendidikan Kab/Kota dan hanya peningkatan kwalifikasi Guru SMA yang ada di Dinas Pendidikan Provinsi Utara. Pada kesempatan ini, juga disampaikan bahwa masih ada sekitar 30% Guru SD di sumatera Utara yang belum memenuhi standard yaitu berijazah S1 dan sekitar 24% guru Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang belum S1. Untuk Guru SMA hanya tinggal sekitar 6% yang belum S1 dan guru SMP sekitar 16% belum S1.

rakorda 2

Kepala UPBJJ-UT Medan menyambut baik informasi yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan Sumatera Utara dan akan dijadikan pijakan untuk mengatur strategi peningkatan jumlah mahasiswa UPBJJ-UT Medan. Selanjutnya Kepala UPBJJ menyampaikan kebijakan UT untuk memperkuat institusi, antara lain peningkatan kerjasama, pembukaan prodi baru, peningkatan layanan baru, dan penetapan pedoman pengelolaan pokjar skema baru yang bertujuan menata sistem pengelolaan pengurus pokjar agar lebih jelas, bersih, dan tertib. Pedoman ini dibentuk untuk menjaga citra UT dan juga untuk melindungi para pengurus pokjar dari pungli dan agar tidak terjerat oleh Satgas Sapu Bersih Pungli. Para pengurus Pokjar menerima dan menyambut baik Pedoman Pengeloaan Pokjar Skema Baru ini dengan menandatangani Pakta Integritas dan kontrak. Mudah-mudahan mereka komitmen dengan pernyataan mereka di pakta integritas dan di kontrak.



cari