Kunjungan Tim Lemdiklat Mabes Polri dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Mahasiswa/i Universitas Terbuka (Personil Polda Sumut) Penerima Beasiswa Polri

Tim Lemdiklat Mabes Polri yang terdiri dari Kombes Pol Drs. Raden Purwadi,S.H., Kombes Pol Ruslan Aspan, S.IK., Kompol Syaifuddin, S.Sos melakukan kunjungan ke Polda Sumut (Kamis,19/09/19) dalam rangka Monitoring dan evaluasi terhadap Mahasiswa/i Universitas Terbuka penerima Beasiswa polri yang merupakan personil Polda Sumut. Karo SDM Polda Sumut Kombes.Pol Drs.IK.Suardana,M.Si, Kepala UPBJJ Universitas Terbuka Medan yang diwakili oleh Manager Umum Syamsuri, SIP dan Manager Bantuan Belajar dan Akademik Adrianto, S.E., M.M.

pol1

Monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Tim Lemdiklat Mabes Polri adalah untuk memantau perkembangan akademik Personil Polda Sumut penerima Beasiswa Polri yang berkuliah di Universitas Terbuka. Karo SDM Polda Sumut Kombes Pol Drs.IK.Suardana, M.Si dalam paparannya menyampaikan, penerima beasiswa Polri yang kuliah di Universitas Terbuka dengan Prodi Ilmu Hukum sebanyak 20 orang. “Personil polda Sumut penerima beasiswa ini adalah personil yang sebelumnya melalui tahapan seleksi dan saat ini sudah berada di Semester 7 dan Mereka bertugas di Polres-Polres jajaran Polda Sumut, antara lain Polrestabes Medan, Polres Langkat, Polres Nias, Polres Tapteng, Polres Sibolga, Polres Dairi, Polres Sergai, dan Polres Tebing Tinggi”. Tambah Suardana pada sela-sela kegiatan Monev.

pol5

Kombes Pol Drs. Raden Saleh, S.H. selaku tim Lemdiklat Mabes Polri dalam arahannya menyampaikan agar personil Polda Sumut penerima Beasiswa Polri agar lebih semangat untuk menyelesaikan perkuliahannya, mengingat saat ini sudah berada di Semester 7, yang artinya tinggal satu semester lagi akan menyelesaikan perkuliahannya. “Rekan-Rekan penerima beasiswa Polri nanti diharapkan dapat menjadi Penyidik yang Profesional, terlebih telah menempuh Pendidikan Ilmu Hukum. Agar tidak menyia-nyiakan kesempatan Sebagai orang-orang terpilih penerima beasiswa Polri”, tambah Kombes Pol. Ruslan Aspan, S.IK. yang juga Tim Lemdiklat Mabes Polri.

Kepala UPBJJ Universitas Terbuka Medan yang diwakili oleh Manager Umum Syamsuri, SIP dalam paparannya menyampaikan Bahwa Mahasiswa/i Universitas Terbuka (UT) penerima beasiswa Polri ini telah menjalani perkuliahan dengan Baik, dan diharapkan dapat selesai tepat waktu pada semester 8. Universitas Terbuka memberikan kemudahan bagi Personil polri yang menjadi Mahasiswa dengan Sistem Perkuliahan Online. Sehingga walapun anggota Polri yang berkuliah di UT dapat tetap berkuliah kapan dan dimanapun atau pada saat menjalankan tugas sebagai Abdi Negara.

Pada dasarnya UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Sehingga Pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, tanpa harus mengeluarkan biaya kos dan sebagainya. Terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Khusus dengan Polri, Universitas Terbuka telah mengadakan kerjasama dengan Nota Kesepahaman Nomor : B/41/X/2015 tanggal 30 Oktober 2015 tentang Penyelengaraan Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh. Serta Perjanjian Kerjasama antara UT dengan Lemdiklat Polri Nomor.B/317/II/2016 tentang Bantuan Pendidikan Program S1 dan S2 bagi Pegwai Negeri Pada Polri. Syamsuri juga menambahkan bahwa, Universitas Terbuka memiliki Program khusus bagi anggota Polri yang menjadi Mahasiswa UT Prodi Ilmu Hukum hanya akan menempuh Pendidikan selama 7 semester atau 3,5 Tahun. Program ini akan mulai berlaku Tahun Awal Tahun 2020.1. Demikian juga bagi masyarakat yang ingin berkuliah di UT, pendaftaran masih dibuka sepanjang Tahun dan yang artinya saat ini sudah menerima pendaftaran untuk perkuliahan Periode Maret-Juni 2020.

pol4

cari