2.930 Mahasiswa/i Universitas Terbuka Medan Mengikuti OSMB dan PKBJJ

Mahasiswa/i baru Universitas Terbuka (UT) Medan periode 2019.2 yang telah melakukan pendaftaran sebanyak 2.930 mahasiswa akan memulai perkuliahan mulai tanggal 05 Oktober 2019. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur UT Medan Dra. Sondang Purnamasari Pakpahan,MA disela-sela acara Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Ketrampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang diselenggarakan secara serentak di Beberapa Kab/Kota. Adapun dari jumlah Mahasiswa baru tersebut mengalami peningkatan sebanyak 171,5% dari Tahun lalu yang didominasi oleh kaum milenial dengan usia dibawah 25 Tahun.

osmbmedan

 

Pada saat bersamaan Sondang mengungkapkan OSMB dan PKBJJ diadakan serentak di Beberapa Kab/kota di Sumatera Utara pada tanggal 07-08 September 2019 dan 14-15 September 2019, antara lain di Kota Medan yang dilaksanakan di 2 Lokasi yaitu JM Bariani House dan Aula UINSU (Meliputi Pokjar Medan, Binjai, Deli serdang, Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Barat), di Kota Gunungsitoli ( Pokjar Kepulauan Nias), di Kota Rantauprapat (Pokjar Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan),

      osmb1            osmb2                                                                                                  

Selanjutnya Di Kota Padangsidempuan di Aula SMPN 2 Padangsidempuan ( Meliputi Pokjar Kota Padangsidempuan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga), selanjutnya di Balige (Pokjar Balige, Tapanuli Utara, Tobasa, Humbang Hasundutan dan Samosir), Di Kota Kisarana dilaksanakan di Sabty Garden Kisaran (Meliputi Pokjar Batubara, Asahan, Tanjung Balai dan Labuhan Batu Utara), Di Kota Pematangsiantar dilaksanakan di Aula SMAN4 Pematangsiantar (Pokjar Kota Pematangsiantar, Tebingtinggi, Sergai dan Simalungun).

Kegiatan OSMB dan PKBJJ yang dilaksanakan bertujuan agar Mahasiswa Baru dapat mengelola waktu belajar, membaca bahan ajar secara efektif, merekam hasil baca, mengakses layanan on-line UT, mempersiapkan diri untuk mengikutitutorial tatap muka, tutorial online dan UAS. Fitri (21 Tahun) salah satu Mahasiswi Baru Fakultas Ekonomi mengaku kagum dengan kegiatan OSMB dan PKBJJ yang dilaksanakan, “Saya kagum dengan sistem kuliah Online yang diterapkan UT, pantas disebut sebagai Cyber University, sehingga saya bisa membagi waktu kerja dan Kuliah dengan baik” tutur fitri yang juga bekerja di salah satu Perusahaan Swasta.

osmb3osmb4

 

Pada dasarnya UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Sehingga Pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, tanpa harus mengeluarkan biaya kos dan sebagainya. Terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Sondang menambahkan, walaupun Perkuliahan akan dimulai pada tanggal 05 Oktober 2019, namun pendaftaran akan tetap dibuka sepanjang tahun, yang artinya saat ini sudah menerima pendaftaran untuk perkuliahan Periode Maret-Juni 2020. Untuk dapat kuliah di UT masyarakat dapat mendaftar langsung dengan datang ke UT Medan yang beralamat di di Jl. Bromo No. 29 Medan, atau dapat mendaftar melalui www.ut.ac.id.

cari