800 Lulusan Universitas Terbuka Medan terima Ijazah, keberhasilan dalam kuliah jarak Jauh”

        Sebanyak 800 wisudawan Unversitas Terbuka Medan mengikuti Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) pada hari Rabu, 07 Agustus 2019 bertempat di Selecta Convention Hall Medan.

5

      Dalam Upacara Penyerahan Ijazah tersebut, hadir Rektor Universitas Terbuka yang diwakili Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Terbuka Dr. Ucu Rahayu, M.Sc., Kepala Unit Pembelajaran Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Medan, Dra Sondang P. Pakpahan MA, turut hadir Gubernur Sumut yang diwakili oleh Asisten Adm. Perekonomian, Pembangunan, dan kesejahteraan Sekda Provsu H. Noval Mahyar, SH.,M.Hum, selanjutnya mewakili Kepala Dinas pendidikan Provinsi Sumut, Sakti S.Pd, M.Pd dan ketua LPPM Unimed Dr. Kustoro.

1

Pada acara UPI tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara LPPMP Universitas Terbuka dengan LPPM Universitas Medan dalam hal Penelitian.

4

Rektor Universitas terbuka diwakili Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. dalam sambutannya, UT merupakan Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh yang modern karena sudah menuju fully on-line mulai dari registrasi, bahan ajar, layanan bantuan belajar, Sumber pembelajaran hingga ujian akhir semester, maka diharapkan alumni UT dapat bersaing secara Global di Era Revolusi Industri 4.0. Dr. Ucu juga menyampaikan bahwa Pendidikan karakter juga sangat perlu dijunjung oleh Alumni UT di era Revolusi Industri 4.0. Karena dengan adanya Pendidikan Karakter maka perkembangan teknologi yang dibarengi dengan kemampuan SDM dapat memberikan manfaat yang positif.

Dalam Sambutannya Kepala UPBJJ-UT Medan Dra Sondang Purnamasari Pakpahan MA mengucapkan selamat dan pernghargaan yang setinggi-tingginya atas kelulusan dan prestasi yang diraih. “Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada keluarga wisudawan yang telah memberikan dukungan dan motivasi, sehingga wisudawan dapat menyelesaikan Studi dengan Baik.” Dra Sondang P. Pakpahan, MA juga menambahkan, UT sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang merupakan pelopor cyber University di Indonesia menggunakan sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh dalam proses pendidikannya. Proses pembelajaran dapat dilakukan secara online sebagaimana tuntutan era revolusi industri 4.0. Pada Upacara Penyerahan Ijazah yang diikuti oleh 800 orang kali ini mengangkat tema Pendidikan Karakter di era Revolusi Industri 4.0 yang mana untuk membekali lulusan Universitas Terbuka yang mayoritas Gurus dan Guru PAUD tentang pentingnya pendidikan karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Peserta Upacara Penyerahan Ijazah yang berjumlah 800 orang terdiri dari 710 orang Prodi PGSD, 60 orang Prodi PGPAUD, 29 Prodi di FE dan FHISIP, dan 1 orang Magister.

3

Pada masa registrasi 2019.1. Sondang mengungkapkan Jumlah mahasiswa Universitas Terbuka di wilayah Sumut mencapai 11.723 orang dan hingga saat ini Alumni Universitas Terbuka diwilayah sumut mencapai 41.746 orang. Sementara secara Nasional jumlah mahasiswa UT saat ini mencapai 292.465 orang. Artinya dengan jumlah mahasiwa dan alumni yang cukup banyak, minat masyarakat untuk menempuh pendidikan cukup tinggi, khususnya alumni UT yang menerima Ijazah kali ini dapat berhasil menyelesaikan pendidikan dengan konsep jarak jauh yang memudahkan proses pembelajaran. Selanjutnya, H. Noval Mahyar, SH.,M.Hum mewakili Gubernur Sumut mengucapkan selamat kepada wisudawan yang resmi menjadi Alumni Universitas Terbuka. H. Noval mengungkapkan alumni UT yang menerima Ijazah kali ini didominasi oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yaitu Prodi PGSD dan PAUD. Tentunya sebagai Guru dengan bekal ilmu yang diperoleh dapat turut serta mencerdaskan bangsa khususnya dengan menerapkan Pendidikan Karakter di era revolusi Industri 4.0.

Pada akhir acara, Rismawati salah satu perwakilan mahasiswa yang berasal dari Pokjar labuhan Bilik, Kab. Labuhan Batu, menyampaikan Ucapan Terimakasih kepada Rektor Universitas Terbuka dan seluruh civitas akademika, khususnya kepada Pimpinan UPBJJ UT Medan dan staff. Risma

mengungkapkan sangat bangga bisa kuliah di UT. “UT sangat membantu dan memfasilitasi proses pembelajaran, walaupun kami berada di lokasi yang cukup jauh kami dapat belajar hingga berhasil menyelesaikan pendidikan Sarjana”. Selain UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri, UT juga menerapkan biaya perkuliahan yang cukup murah dan terjangkau dibanding universitas lainnya”. Risma juga menambahkan, pembelajaran di UT menganut konsep digital yaitu pendafataran, registrasi, pembelajaran dan ujian secara Online, ditambah fasilitas e-learning, perpustakaan digital, UT Radio, Guru Pintar Online, UT TV dan fasilitas digital lainnya, sangat membantu proses pembelajaran. Semoga ilmu yang diperoleh dapat memberi pengaruh positif bagi masyarakat.

2

cari