UT Medan Gelar Seminar Pendidikan Karakter Era Revolusi Industri 4.0

UPBJJ- Universitas Terbuka (UT) Medan menggelar Seminar akademik, Selasa (6/8) di Selecta Convention Center Medan. seminar Akademik dengan Tema “Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0” bertempat di Selecta Convention Center Medan.

seminar1

Seminar akademik ini diawali dengan kegiatan Temu Wicara Mahasiswa UT Medan dengan Pimpinan UPBJJ UT Medan, menjelang Upacara Penyerahan Izazah kepada Mahasiswa. Dalam kegiatan temu Wicara, mahasiswa berkesempatan mengenal Pimpinan UPBJJ UT Medan dalam ruang diskusi yang bertujuan memberikan masukan dan konsultasi yang bersifat membangun kemajuan UT dan mahasiswa yang akan menyandang gelar sarjana pada khususnya.

       Kepala UPBJJ UT Medan, Dra. Sondang. P.Pakpahan, MA menyampaikan bahwa UT menyediakan pembelajaran pendidikan jarak jauh secara mandiri yang dapat diakses dimanapun hingga di rumah. Hal ini juga guna meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) yang ditargetkan pemerintah. Saat ini, UT telah memiliki sebanyak 292.465 mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri. Pada kesempatan yang sama , Dra. Sondang. P.Pakpahan, MA juga mengajak alumni UT yang telah lulus untuk melanjutkan studi ke Program Pascasarjana maupun Progam Doktor di UT.

        Tema Seminar yang diangkat kali ini adalah “Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0” dengan Narasumber Prof . Dr. Robert Sibarani, MS dan Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik, M.Si. Pada penyampaian materi Prof . Dr. Robert Sibarani, MS mengungkapkan Pendidikan karakter pada dasarnya berasal dari local wisdom atau Pendidikan yang terbentuk di Lingkungan Masyarakat. Maka untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pendidikan Karakter yang terbentuk dari ligkungan masyarakat harus dibarengi dengan Kerja keras, memiliki etikat kebaikan, dan menjadi orang terpercaya.


narsum1
Narasumber : Prof Dr. Robert Sibarani, MS ( Direktur Sekolah Pascarasaja Universitas Sumatera Utara)

       Sedangkan Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si mengungkapkan bahwa pada dasarnya kita sudah lama merindukan Pendidikan Karakter, Namun Pendidikan Karakter yang terbentuk saat ini dibarengi dengan adanya kekhawatiran disruption terhadap Revolusi Industri 4.0. Maka dunia Pendidikan harus bisa menjadi rule model, khususnya untuk membentuk Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0.

narsum2
Narasumber : Prof Dr. Ibnu Hajar Damanik, M.Si ( Rektor Universitas Asahan)

uye

                                            Penyerahan Sertifikat kepada Narasumber oleh Ibu Kepala UPBJJ Medan

cari