59 LULUSAN UNIVERSITAS TERBUKA MEDAN WISUDA DI JAKARTA

      Bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Jl Cabe Raya Pondok Cabe, Universitas Terbuka mewisuda 1012 lulusan pada wisuda Periode II Tahun Akademik 2018/2019 wilayah 1 tanggal 18 Juni 2019. Para lulusan ini berasal dari UPBJJ-UT Banda Aceh, Medan, Pekan Baru, Batam, Bengkulu, Jambi, Padang, Yogyakarta, Surakarta, Jember, Malang, Surabaya, Denpasar dan Luar Negeri

wisuda20191pusat

 

       Menurut kepala UT Medan, , Dra Sondang Purnamasari Pakpahan, MA, sebanyak 59 lulusan dari UT Medan mengikuti wisuda ini yakni 16 lulusan program Magister (Manajemen dan Pendidikan Dasar), 36 lulusan Program S1 pada FKIP, 4 lulusan program S1 pada FHISIP, dan 3 lulusan program S1 pada FE. Menurut Sondang dari 1253 lulusan UT Medan berdasarkan SK Yudisum tanggal 01 dan 26 April 2019, 269 Lulusan UT Medan diundang untuk mengikuti wisuda di Jakarta. Namun karena kondisi harga tiket yang sangat tinggi maka hanya 59 lulusan yang berangkat. Selebihnya yaitu sebanyak 1194 lulusan yang tidak mengikuti wisuda di Jakarta dapat mengikuti Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) di Medan yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2019, demikian tutur Sondang P. Pakpahan.

 wisuda20191pusat2

        Lanjut Sondang, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA). Mahasiswa UT ada di 36 Negara, tidak hanya WNI namun juga warganegara setempat kuliah di UT. Pada Wisuda kali ini, terdapat 1 lulusan orang Mesir ( An Egyptian ), beberapa lulusan dari Kelompok Belajar Singapura dan Malaysia. Lulusan terbaik kali ini dari UT Denpasar dan Jember, sementara lulusan terbaik pada wisuda yang lalu adalah dari UT Medan dengan IPK 4.00 (Cumlaude). Lulusan terbaik dari UT Denpasar adalah dr Henky, SpF, SH seorang ahli forensik yang memilih Universitas Terbuka sebagai tempat belajar Ilmu Hukum untuk menunjang profesinya tersebut. Menurut Sondang, Prestasi akademik ini menunjukkan bahwa kuliah di UT dengan sistem pembelajaran on-line learning tidak sesulit yang dibayangkan oleh masyarakat Indonesia. Pembelajaran on-line justru memiliki keunggulan yaitu tidak dibatasi usia dan tahun ijazah, mudah diakses tidak terkendala ruang, waktu, dan tempat, serta terjangkau dan fleksibel. Pada era Revolusi Industri 4.0 dimana teknologi tidak menjadi kendala, maka kuliah tidak harus tatap muka. UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri pelopor pembelajaran on-line di Indonesia telah berkontribusi selama 35 tahun dalam layanan pendidikan tinggi untuk semua orang hingga pelosok Indonesia. Bagi lulusan SLTA dan masyarakat yang ingin kuliah di Universitas Terbuka dapat melakukan pendaftaran secara online melalui sia.ut.ac.id, atau langsung ke Kampus UT Medan Jl Bromo No. 29 Medan, pendaftaran dibuka sampai dengan 07 Agustus 2019, demikian Sondang menutup perbincangan.

wisuda20191pusat3

cari