UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ MEDAN MENGGELAR KEGIATAN EDUKASI KETERAMPILAN BELAJAR MAHASISWA BAGI 1800 MAHASISWA BARU S1 PGSD/S1 PGPAUD

Universitas Terbuka UPBJJ Medan menggelar kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM) bagi 1800 mahasiswa baru Program Studi S1 PGSD dan S1 PGPAUD Masa Registrasi 2017/2018.2. Kegiatan ini berlangsung 2 hari di beberapa lokasi yakni satu hari untuk kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan satu hari untuk Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri (PKBM).


osmb ekbm 20181pendas

 

Kegiatan EKBM diselenggarakan  2 (dua) tahap yakni tahap pertama pada tgl 17-18 Maret 2018 di selenggarakan di Kota Medan, Pematang Siantar, Kisaran, dan Balige, sedangkan tahap ke dua rencana akan diselenggarakan pada tgl 24-25 Maret 2018 di Gunungsitoli, Rantau Prapat, dan Padang Sidimpuan.

Kegiatan EKBM di Kota Medan diselenggarakan di Asrama Haji dan di SMPN 23 Medan untuk mahasiswa dari Pokjar Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Tebing Tinggi. EKBM di Kota Pematang Siantar diselenggarakan di SMKN 1 Pematang Siantar untuk mahasiswa pokjar Pematang Siantar dan Simalungun. EKBM di Kisaran diselenggarakan di SMAN 2 Kisaran untuk mahasiswa Asahan, Batubara, Tanjung Balai, dan Labuhan Batu Utara. Sedangkan EKBM di kota Balige diselenggarakan di SMKN 2 Balige untuk mahasiswa Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Toba Samosir.  Kegiatan ini dihadiri sekitar 90% mahasiswa di Medan, Kisaran, dan Pematang Siantar, sedangkan di kota Balige hanya sekitar 60% yang hadir karena sebahagian besar mahasiswa dari Tapanuli Tengah tidak hadir.  Mereka diharapkan hadir di EKBM tgl 24-25 Maret 2018 di Kota Sidimpuan yang kira2 waktu tempuhnya 1,5 jam dari Pandan, Tapanuli Tengah.  

osmb ekbm 20181pendas1

Pada kegiatan OSMB mahasiswa diajak lebih mengenal Universitas Terbuka (UT) melalui pemutaran video maupun bahan presentasi mulai dari sejarah pendirian UT, struktur organisasi dan profil pimpinan di UT Pusat maupun di UPBJJ, sistem penjaminan kualitas, sistem registrasi, pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar, serta profil mahasiswa dan lulusan.

Pada kegiatan PKBM, mahasiswa dilatih keterampilan mengelola waktu, membaca efektif, merekam hasil baca, kiat mengerjakan tugas tutorial, mempersiapkan UAS, dan keterampilan mengakses layanan on-line.

Kegiatan EKBM diselenggarakan sebelum dimulainya pelaksanaan Tutorial Tatap Muka dan sebelum masa aktivasi tutorial online berakhir guna mempersiapkan mahasiswa untuk belajar mandiri, mengikuti Tutorial Tatap Muka dan Tutorial online. Tutorial tatap muka akan dieselenggarakan mulai tgl 24-25 Maret 2018 untuk sebahagian besar pokjar, tgl 31 Maret-01 April untuk sebahagian pokjar, dan tgl 07 April untuk pokjar di Pulau Nias.

Semoga Kegiatan EKBM ini mampu meningkatkan kesiapan belajar mandiri mahasiswa dan berpengaruh pada hasil belajar mahasiswa guna menjaga kewibawaan akademik Universitas Terbuka.

osmb ekbm 20181pendas2