LOMBA GERAK JALAN ANTAR SISWA SLTA

“Sebagai momen untuk memperkenalkan UT”

gerakjalan1

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-89 Tahun 2017 pada tanggal 19 Novemnber 2017, UPBJJ-UT Medan menyelenggarakan Lomba Gerak Jalan tingkat SLTA sederajat se Kab. Langkat,  Pusat kegiatan dilaksanakan di lapangan Lapangan Bola Kaki kampung Baru Pangkalan Brandan dengan jarak tempuh 3,5 jam dari Kota Medan. 

 Yang sangat menggembirakan, kegiatan tersebut mendapat support penuh dari para stakeholder diantaranya Kepala UPT Dinas Pendidikan kabupaten Langkat menyerukan kepada seluruh Kepala Sekolah agar menghadirikan para siswa, sementara unsur Muspika menugaskan anggota TNI-AL, TNI-AD dan Polri yang selama ini menjadi pembina Paskibra untuk menjadi juri.
Lomba Gerak jalan yang diikuti oleh ; 24 Regu (Putra 11, Putri 13) dan hasilnya yang keluar sebagai pemenang adalah ;

Regu Putra

Juara 1                        : Madrasah Aliyah Swasta Ubudiyah
Juara 2                        : SMA Dharma Patra
Juara 3                        : SMAN 1  Besitang
Harapan 1                   : SMAN 1 Babalan
Harapan 2                   : SMA Harapan
Harapan 3                   : SMAN 1 Sei Lepan

 

Regu Puteri

Juara 1                        : SMAN 1 Babalan
Juara 2                        : SMAN 1 Besitang
Juara 3                        : Madrasah Aliyah Swasta Ubudiyah
Harapan 1                   : SMK YPT P. Brandan
Harapan 2                   : SMK Swasta Dharma Patra
Harapan 3                   : SMK Swasta Dharma Patra

Kepada seluruh pemenang diberikan Trophy, uang Pembinaan dan piagam penghargaan dari Universitas Terbuka – UPBJJ Medan, yang diserahkan langsung oleh Kepala UPBJJ-UT Medan.

Asyari Siregar, S.Pd (Lurah Kelurahan Brandan Timur Baru) yang bertindak selaku Ketua panitia selain melaporkan proses perencanaan hingga terlaksananya seluruh rangkaian kegiatan Lomba Gerak Jalan,  dalam isi laporannya Asyari menyampaikan gambaran masyarakat khususnya Kecamatan Babalan dan Pangkalan Brandan yang umumnya berprofesi sebagai nelayan. Dimana para nelayan tersebut selalu membayangkan biaya yang relatif tinggi untuk mengirim anak-anaknya apabila ingin kuliah di Kota (Biaya Kuliah, Kost, transport, Buku kuliah, dll).  Lurah yang juga mantan Guru Olah Raga sekaligus mengajukan diri agar diberi kesempatan untuk menjadi perpanjangan tangan UPBJJ-UT Medan sehingga masyarakat yang membutuhkan informasi dapat kami layani, demikian Asyari menutup laporannya.

 Kepala UPBJJ-UT Medan, Dra. Sondang Purnamasari Pakpahan, MA sangat bangga melihat para siswa SLTA  yang begitu bersemangat mengikuti Lomba Gerak Jalan. Sondang juga mengapresiasi unsur Muspika yang saling bahu membahu mensuksesan kegiatan Lomba tersebut. Usai perlombaan, kepada para siswa Sondang mengajak agar mempersiapkan diri demi menghadapi masa depan yang pastinya akan memasuki persaingan yang semakin ketat, tingkatkan ketrampilan diri dan jangan mudah menyerah   “orang lain bisa kita juga harus bisa” ujar sondang memberi motivasi. Dalam kesempatan ini kami menyampaikan bahwa dalam struktur operasional UT dibenarkan untuk membentuk Pengurus Kelompok Belajar (POKJAR) untuk itu dengan senang hati kami akan melakukan evaluasi dan menyampaikan usulan agar di Pangkalan Brandan dibuka sekretariat Pengurus Pokjar sebagai pusat Informasi UT, pernyataan tersebut disambut dengan aplaus dari seluruh hadirin.

UT memang hadir untuk solusi memberi kesempatan kepada masyarakat untuk meningkatkan pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi.  

Menutup Sambutannya Sondang menyampaikan pesan, jadilah generasi penerus yang sehat agar dapat berfikir jernih dan cerdas, jauhi kegiatan negatif terkhusus penggunaan Narkoba, tanamkan tekad bahwa kalian semua kelak harus menjadi Sarjana.

 gerakan

 

 

Medan, 20 Nov 2017

 

Humas UPBJJ-UT Medan